Headline: Pentingnya Pola Asuh Anak dengan Metode Hypnoparenting

Headline: Pentingnya Pola Asuh Anak dengan Metode Hypnoparenting

in News
Dots Dots
Blobs
Blobs
Headline: Pentingnya Pola Asuh Anak dengan Metode Hypnoparenting

Penulis : Sahidah, S.Pd. | Editor: Arifi Z

YOGYAKARTA, DETECTION - Sejak kapan pola asuh anak dimulai ?. Pola asuh adalah bagian yang sangat penting dalam perjalanan menjadi orang tua, karena pola asuh dapat membentuk karakter dan kepribadian anak, serta sangat berpengaruh pada kehidupan anak dimasa mendatang, karena pola asuh erat kaitannya dengan transfer kehidupan pada generasi selanjutnya. Pola asuh dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan kemudian berlanjut ketika anak dilahirkan sampai anak melewati masa-masa perkembangannya hingga dewasa. Bisa jadi pola asuh antar orang tua berbeda satu sama lain,dan pasti setiap orang tua memiliki pola dan caranya sendiri dalam mengasuh anak-anaknya. Salah satu cara yang diterapkan penulis dalam memberikan pola asuh kepada anak adalah menyisipkan metode Hypnoparenting.

Apakah itu Hypnoparenting?. Hypnoparenting berasal dari dua kata yaitu hypnosis dan parenting. Yang artinya suatu metode memberikan sugesti positif yang dilakukan oleh orang tua maupun guru kepada anaknya tentang perkembangan dan pendidikan anak (Motivator : Erfand Rakhasiwy) Metode Hypnosis ini biasanya dilakukan oleh ahli yang profesional,serta ada cara dan tahapan tertentu dalam melakukannya. Namun,tidak menutup kemungkinan orang tua juga dapat melakukannya sendiri di rumah.Ketika orang tua memberikan sugesti kepada anak,usahakan tidak menggunakan kata-kata atau kalimat negatif misalkan “rajinlah belajar supaya kamu tidak bodoh”, berilah anak kata-kata atau kalimat yang positif misalkan “rajinlah belajar supaya kamu menjadi pintar”. Karena nantinya perkataan kita akan diterima dan direkam oleh pikiran bawah sadarnya.

Secara tidak sadar Hypnosis bisa dilakukan pada saat-saat tertentu misalkan saat anak menonton atau main game, karena pikiran anak hanya fokus pada suatu objek sehingga gerbang bawah sadarnya terbuka lebar, nah pada saat itu orang tua dapat melakukan cara hypnosis ini dengan mencoba memanggil anak dengan lembut untuk memastikan bahwa pikiran bawah sadarnya tidak menghiraukan kita. Setelah yakin, ucapkan sugesti positif tanpa perlu disentuh dan dilakukan berulang-ulang. Pada waktu tersebut,sebagai orang tua bisa menjalin komunikasi dengan anak dengan memberikan sugesti yang positif. Selain itu hypnosis juga bisa dilakukan pada saat anak mengantuk.di momen ini, gelombang otak anak turun dari Beta ke Alpha. Anak berada dalam kondisi sangat malas untuk melakukan hal lain,kecuali tidur. Nah, pada saat ini orang tua bisa ucapkan sugesti yang positif dengan lembut dan penuh cinta, setengah berbisik ditelinga anak anda. Lakukan hal ini minimal 3 kali.Bila anak mengabaikan atau menjawabnya dengan malas-malasan, biarkan saja,itu pertanda sugesti yang kita bisikkan masuk. Ada beberapa saat tertentu orang tua dapat memberikan sugesti yang positif kepada anaknya diantaranya adalah : saat anak bermimpi, saat mengigau, saat fokus membaca, saat menggambar/melukis/menulis, saat anak melamun, saat mengingat sesuatu, saat bingung, saat sedih, saat marah bahkan pada saat anak menangis. Di saat-saat ini orang tua dapat memasukkan sugesti yang positif kepada anaknya.

Dengan menerapkan pola asuh dengan metode Hypnoparenting akan bisa merubah kebiasaan anak menjadi lebih baik dengan mensugesti anak di alam bawa sadarnya.yang terpenting berilah kalimat yang positif dalam mengasuh anak. Hypnosis ini mudah di terapkan pada anak-anak dibanding orang dewasa karena anak-anak memiliki imajinasi yang kuat.

Teknik Hypnoparenting membutuhkan konsistensi dan kesabaran orang tua dalam menerapkannya. Selain itu keberhasilan hypnoparenting sangat ditentukan oleh lingkungan sekitar serta komitmen orang tua berkaitan dengan sugesti yang di berikan kepada anak. Pola asuh dengan metode Hypnoparenting mampu memberikan perubahan pada diri anak yang lebih baik.