Headline: Terus Mengejar untuk Bisa Mengajar

Headline: Terus Mengejar untuk Bisa Mengajar

in News
Dots Dots
Blobs
Blobs
Headline: Terus Mengejar untuk Bisa Mengajar

Penulis : Siska | Editor: Arifi Z

SULAWESI SELATAN, DETECTION - Jaringan internet seakan-akan menjadi nyawa dalam sebuah pembelajaran dalam jaringan (daring) di tengah pandemic covid-19 saat ini. Ketika jaringan internet kurang stabil mak apembelajaran pun dapat terhambat. Bisa jadi tujuan pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik karena sering kali terpental dari jaringan ketika mengikuti proses pembelajaran daring.

Hal ini yang dirasakan oleh penulis sebagai guru PAUD selama mendampingi proses belajar anak-anak PAUD selama berkegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Penulis bergelut dengan sinyal yang sering kali naik turun dan cukup menguras energi dan emosi, sehingga tak ayal itu sangat menghambat proses pembelajaran. Tidak sedikit waktu penulis harus mengulang beberapa kali materi yang disampaikan agar semua murid memahami materi yang sedang disampaikan karena ada murid yang terpental di tengah-tengah pembelajaran daring.

Salah satu penyebab adanya kendala jaringan internet karena lokasi tempat tinggal penulis dan para murid berada di daerah yang memang belum dapa tterjangkau internet dengan baik. Oleh karena itu penulis harus jeli untuk mencermati kapan waktu koneksi jaringan internet yang mumpuni atau kuat dan kapan waktu jaringan akan menjadi lemah, sehingga penulis bisa mengupayakan pembelajaran daring di waktu yang tepat. Namun jika dikalkulasi persentasenya, durasi waktu jaringan tergolong stabil dan kuat jauh lebih sedikit dibandingkan dengan durasi waktu jaringan tidak stabil. Hal ini membawa dampak dimana murid-murid dan bahkan orang tua menjadi kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring, sehingga tidak dipungkiri bahwa banyak murid yang absen dari pembelajaran daring yang telah dijadwalkan.

Melihat hal tersebut, penulis menncari cara lain agar murid-murid tetap bisa mendapatkan materi dan tetap merasa dekat dengan gurunya. Penulis membuat video pembelajaran yang berisi tentang sapaan untuk murid-murid, kegiatan inti yang akan dilakukan oleh murid-murid di rumah, dan kegiatan closing yang senantiasa memberikan semangat agar tetap berjuang untuk terus belaja rmeskipun ada kendala yang dihadapi.Apakah video pembelajaran dapat membantu murid-murid selama BDR? Ternyata tidak semuanya demikian, lagi-lagi karena kendala jaringan. Sebagian murid tidak dapat mengunduh atau bahkan hanya untuk menonton video pembelajaran yang telah dibagikan oleh penulis.

Untuk mendapatkan jaringan yang stabil dalam pelaksanaan pembelajaran penulis harus menempu jarak beberapa kilometer untuk ke kota, terkadang pula proses pembelajaran dilakukan dipingir jalan kota, begitu pula dengan murid-murid adakalanya mereka menumpang dirumah sanak keluarganya yang memiliki akses jaringan yang stabil.

Dengan kendala yang dihadapi pada saat ini bukan berarti menjadi halangan buat kita membentuk generasi maju, jadikanlah hal ini sebagai acuan bagaimana membentuk bangsa yang baik ditengah keterbatasan. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti biasanya.